Kamis, 09 Oktober 2014

Kalimantan surga ku

Kalimantan surgaku

     Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu Provinsi terluas memiliki potensi sumberdaya alam melimpah dimana sebagian besar potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Sumberdaya alam dan hasil-hasilnya sebagian besar dieksport keluar negeri, sehingga Provinsi ini merupakan penghasil devisa utama bagi negara, khususnya dari sektor Pertambangan, Kehutanan dan hasil lainnya. Secara administratif Provinsi ini memiliki batas wilayah sebelah Utara berbatasan dengan Negara Bagian Sabah Malaysia Timur, sebelah Timur berbatasan dengan sebagian (12 Mil) Selat Makasar dan Laut Sulawesi, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan, sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat serta Negara Bagian Serawak Malaysia Timur.
Secara administratif Provinsi ini memiliki batas wilayah sebelah Utara berbatasan dengan Negara Bagian Sabah Malaysia Timur, sebelah Timur berbatasan dengan sebagian (12 Mil) Selat Makasar dan Laut Sulawesi, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan, sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat serta Negara Bagian Serawak Malaysia Timur.
Kalimantan Timur memiliki luas wilayah daratan 198.441,17 km2 dan luas pengelolaan laut 10.216,57 km2 terletak antara 113º44’ Bujur Timur dan 119º00’ Bujur Timur serta diantara 4º24’ Lintang Utara dan 2º25’ Lintang Selatan.
      Penduduk Kalimantan Timur tahun 2003 berjumlah 2.704.851 jiwa, tahun 2010 berdasarkan hasil sensus penduduk mencapai 3.553.143 jiwa. Dengan demikian dalam kurun waktu tersebut jumlah penduduk Kalimantan Timur meningkat sebesar 848.292 jiwa, dengan pertumbuhan penduduk setiap tahunnya rata-rata 3,82 persen. Adapun komposisi penduduk menurut jenis kelamin pada tahun 2010 terdiri dari penduduk laki-laki 1.871.690 jiwa (52,68 persen) dan penduduk perempuan 1.681.453 jiwa (47,32 persen).
       Seiring dengan pelaksanaan otonomi daerah atas dasar Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, Provinsi Kalimantan Timur telah melakukan pemekaran wilayah administrasi pemerintahan hingga tahun 2007 Provinsi Kalimantan Timur telah berubah menjadi 14 Kabupaten/Kota masing-masing empat (4) Kota dan sepuluh (10) Kabupaten dengan 140 Kecamatan dan 1.445 Desa/Kelurahan.
     Sepuluh Kabupaten tersebut adalah Paser dengan ibukota Tanah Grogot, Kutai Barat dengan ibukota Sendawar, Kutai Kartanegara dengan ibukota Tenggarong, Kutai Timur dengan ibukota Sangatta, Berau dengan ibukota Tanjung Redeb, Malinau dengan ibukota Malinau, Bulungan dengan ibukota Tanjung Selor, Nunukan dengan ibukota Nunukan, Penajam Paser Utara dengan ibukota Penajam dan Tana Tidung dengan ibukota Tideng Pale (pemekaran dari Kabupaten Bulungan disetujui pembentukannya pada sidang paripurna DPR RI pada tanggal 17 Juli 2007). Sedangkan empat Kota adalah Balikpapan  ibukotanya Balikpapan, Samarinda ibukotanya Samarinda, Tarakan ibukotanya Tarakan dan Bontang ibukotanya Bontang.
     Di Kalimantan juga mempunyai tempat wisata yang sangat indah dan asri yaitu :
Pulau Derawan di Kalimantan Timur semakin naik daun sebagai tempat tujuan wisata karena keindahan pemandangan alam pesisir dan bawah lautnya yang disebut-sebut seperti di surga. Tidak heran jika pulau ini juga merupakan tujuan favorit bagi para penyelam

sumber: flickr.com
Pulau Derawan memang bukanlah tempat wisata murah yang dapat kita kunjungi begitu saja, bahkan oleh penduduk yang tinggal di Pulau Kalimantan. Namun jika dibandingkan dengan kesenangan dan keindahan yang dapat anda nikmati, anda tidak akan mengatakan Pulau Derawan sebagai tempat wisata yang mahal.
   Tempat yang kaya dengan berbagai spesies langka ini sesungguhnya adalah suatu tempat wisata murah, namun biaya transportasi menuju Pulau Derawan tergolong mahal. Terlebih dahulu, Anda harus menuju ke kota Berau dengan pesawat, lalu dilanjutkan dengan menempuh kendaraan darat selama dua jam. Terakhir, anda dapat menyewa speed boat ke Pulau Derawan, dengan waktu tempuh selama 45 menit.
Jadi, untuk menghemat biaya, sebaiknya Anda bepergian bersama beberapa teman sehingga bisa menyewa kendaraan darat dan laut bersama-sama, juga dapat menyewa kamar hotel bersama. Setiba di Pulau Derawan, anda akan disuguhi pemandangan alam yang memukau, dan sejumlah atraksi dan aktivitas wisata bahari menanti anda.
   Pemandangan pantai di Pulau Derawan terkenal sangat indah dengan pasir putihnya yang halus, cuaca cerah hampir sepanjang tahun, dan pohon kelapa dengan daun melambai-lambai. Pantai-pantai ini juga terbilang masih asli karena belum sepopuler pantai-pantai di Pulau Bali atau Lombok.
Kura-kura hijau dan penyu bersisik yang langka memiliki habitatnya di pulau ini sehingga Anda dapat menyaksikan secara langsung kedua hewan eksotis ini bertelur di pasir pantai.
Di bawah laut Pulau Derawan terdapat 460 jenis terumbu karang berwarna-warni dengan aneka ragam bentuknya, dan merupakan pulau dengan jumlah terumbu karang terbanyak kedua setelah Pulau Raja Ampat Sorong Papua.
   Terdapat 800-an jenis fauna laut unik di perairan pulau Derawan sehingga tidak salah jika disebut sebagai surga bagi para penyelam. Para penyelam bisa bercengkrama dengan berbagai jenis ikan dan fauna lain yang unik seperti kuda laut mini, ikan pari raksasa, dan ubur-ubur tanpa penyengat yang dapat berenang terbalik.
   Walaupun menjangkau Pulau Derawan tidak semudah mengunjungi tempat wisata murah lainnya di Indonesia, atraksi dan aktivitas wisata yang anda nikmati di satu Pulau Derawan setara dengan mengunjungi tiga atau empat pulau lainnya. Jadi, apakah Pulau Derawan masih menjadi tempat wisata yang mahal?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar